S1 Kedokteran ULM Berhasil Meraih Akreditasi UNGGUL dari LAM-PTKes

Banjarmasin – Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKPS FK ULM) berhasil meraih akreditasi “UNGGUL” berdasarkan surat keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) Nomor: 0356/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2023. Predikat ini merupakan puncak tertinggi dari sistem akreditasi berdasarkan LAM-PTKes. PSKPS FK ULM berhasil mendapatkan Nilai 369, dan predikat akreditasi “UNGGUL” tersebut berlaku dari tanggal 26 Mei 2023 – 25 Mei 2028.

Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi; menjamin mutu program studi dan perguruan tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat. Adapun peringkat Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dibagi tiga, yaitu Baik, Baik Sekali, dan Unggul. (Sumber: campus.quipper.com)

Sejak pembentukan Program Studi Kedokteran di ULM pada tahun 1990 hingga tahun 2023 akhirnya saat ini PSKPS FK ULM mendapatkan akreditasi yang “UNGGUL” yang sebelumnya mendapatkan predikat “Baik Sekali” pada tahun 2018.

PSKPS FK ULM telah menyusun Borang Akreditasi sejak tahun 2021 hingga 2023 dan berhasil diajukan pada bulan Maret 2023. Selanjutnya dari pengajuan tersebut mendapatkan respons dan dilanjutkan dengan Asesmen Lapangan dari LAM-PTKes yang dilaksanakan pada tanggal 1 – 4 Mei 2023 di Fakultas Kedokteran Banjarmasin.

Asesor yang bertugas pada kegiatan Asesmen Lapangan akreditasi yaitu Dr. dr. Djatnika Setiabudi dari Universitas Padjadjaran, Sp.A(K), Dr. dr. Lantip Rujito, M.Si.Med dari Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr. dr. Dessy Rakhmawati Emril, Sp.N(K) dari Universitas Syiah Kuala, Dr. dr. Ibrahim, M.Sc, M.Pd.Ked, Sp. KKLP dari Universitas Batam, dan dr. Onny Setiani, Ph.D dari Universitas Diponegoro. Secara keseluruhan kegiatan Asesmen Lapangan pada saat itu berjalan dengan lancar meskipun terdapat sedikit ketegangan seperti pada umumnya.

“Ini torehan tinta emas dari sejarah perjalanan Fakultas Kedokteran sejak berdiri dan menerima mahasiswa angkatan pertama tahun 1990, akhirnya mendapatkan pengakuan akreditasi unggul alias terbaik,” tutur Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM yang juga Dekan FK ULM periode sebelumnya, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F., S.H di Banjarmasin, Senin, 05 Juni 2023.  Menurut Dr. Iwan, keberhasilan meraih akreditasi unggul merupakan suatu karunia yang sangat membahagiakan, bukan hanya untuk Program Studi dan Fakultas Kedokteran tapi juga untuk seluruh civitas akademika ULM. (Sumber: antaranews.com)

Beliau menyebut peraihan akreditasi unggul semakin mengukuhkan posisi FK ULM sebagai salah satu Fakultas Kedokteran yang unggul dan berdaya saing di Indonesia. Apalagi di Indonesia tidak banyak Fakultas Kedokteran yang berhasil meraih akreditasi unggul termasuk di Kalimantan hanya ULM di Kalimantan Selatan dan Universitas Mulawarman di Kalimantan Timur. Dr.Iwan menyatakan meraih akreditasi unggul bukanlah hal yang mudah, perlu persiapan bersifat komprehensif dalam jangka waktu panjang, bahkan bertahun-tahun. “Peraihan ini seyogyanya jangan sampai menyebabkan FK ULM menjadi lengah dan terbuai, mempertahankan akan jauh lebih sulit dari meraihnya,” jelas beliau mewakili Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE., M.Si. (Sumber: antaranews.com)

Berkat usaha yang maksimal dari tim Borang dan Program Studi Serta seluruh pihak atas kerjasama, partisipasi, dan segala bentuk dukungan kepada Program Studi Kedokteran Program Sarjana FK ULM sehingga berhasil mendapatkan Akreditasi “UNGGUL”.

 

Penulis: Helmi Faniasa, S.Pd

Program Studi: Kedokteran Program Sarjana

Nama Editor: dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan: 06 Juni 2023